Mengenal lebih dalam Penyakit Fenilketonuria

Apa yang dimaksud dengan penyakit Fenilketonuria?Fenilketonuria adalah suatu kelainan di dalam tubuh, dimana tubuh tidak dapat memproduksi enzim yang berfungsi menguraikan asam amino esensial fenilalanin menjadi asam amino non esensial tirosin. Di dalam tubh tirosin akan disintesa menjadi 2 penghantar saraf yang penting yang berperan pada berkembangnya penyakit parkinson dan juga hilangnya keinginan melakukan hubungna seksual pada usia lanjut. Karena memberi efek yang berbahaya, penderita fenilketonuria sebaiknya mengurangi konsumsi makanan yang mengandung fenilalanin.

Menurut hasil penelitian penderita Fenilketonuria PKU (penderita fenilketonuria) sangat jarang ditemukan. Di Amerika dilaporkan kemungkinan penderita ini 1:15.000 orang saja, sedangkan di Indonesia sendiri, belum ada laporan kasus PKU. Ciri penderita PKU umumnya mengalami keterbelakangan mental. Namun retardasi yang terjadi, sudah dibawa sejak lahir (diturunkan secara genetik) dan bukan akibat sakit panas yang diderita saat kecil.

Gejala awal yang ditemukan pada penderita saat mengkonsumi pangan yang mengandung fenilalanin adalah lemas, pusing dan keringat dingin. Sedang dalam tahap lanjutan jika jumlah fenilalanin yang dikonsumsi terlalu besar, tentunya dapat mempengaruhi organ tubuh penderita.

Beberapa pengaruh yang dilaporkan adalah rusaknya jaringan otak, lebih parahnya kondisi retardasi mental, kulit menjadi pucat, pigmentasi rambut dan mata berkurang, otot pegal dan sakit. Untuk kerusakan ginjal, belum dilaporkan hingga saat ini.

Untuk informasi suplemen (makan tambahan) yang dianjurkan silakan kunjungi www.nutrilite.com

(Sumber: Amagram) 

12 Comments Add Yours

  1. raisah

    pengen liat ajah…
    sayang jarang orang yang kenal ama penyakit ini ea!!!
    makanya aku mau liat apa sih yang dimaksud dgn nyakit ini

    Reply
  2. mega

    sama.. ini juga kebeneran aja baca di belakang kemasan kopi, jadi penasaran deh ama apa yang dimaksud dengan Finelketonurik..

    Reply
  3. bundafaris

    sama juga habis makan pilus, iseng baca kemasannya ada penyakit begituan…iiiihhhh sereeeeeemmmm

    Reply
  4. budi susetyo

    Ya, penasaran saja dng peringatan di belakang bungkus cappucino. Ya udah ternyata aman untuk tak minum

    Reply
  5. andy

    gue baca artikel ini karna gue suka minum okky jelly drink yang mengandung fenilalanin (tertulis dikemasan)bisa menyebabkan fenilketonuria,menurut gue makanan apapun selama konsumsi nggak berlebihan, rasanya aman2 saja.. trims for sharing articlenya. nambah pengetahuan gue ni

    Reply
  6. DM-Choy

    karena sering mengunyah ‘wrigley’s chewing gum’ada bahan yang dilarang bagi penderita fenilketonuria…jadi pengen tahu…penyakit apa sich…jadi permen ini mengandung FENILALANIN….

    Reply
  7. renald

    wah..gag boleh makan sukro dong?? hehehehe

    Reply
  8. Ren

    di kemasan permen karet lotte xylitol, dkt dgn bagian barkot tertulis,konsumsi berlebihan dapat menyebabkan efek laksatif. mengandung fenilalanin, tidak cocok untuk penderita fenilketonuria, jadi aku searching aja apa ya ini ahhaahah

    Reply
  9. mulat

    Ada murid tanya ttg fenilketonuria, dp salah jawab lebih baik cari info d internet. ok trims.

    Reply
  10. Zendra

    Aq sering beli HAPPYDENT WHITE botolan!
    jd iseng iseng baca yg di bawah POM…Mengandung PENILALANIN tidak cocok untuk penderita FENILKETONURIK….jd penasaran jd aq searching deh disini!

    Reply
  11. dwi wiyana

    Pasien PKU sudah ada di Indonesia, kebetulan saya pernah menemui pasien dan keluarganya, termasuk kesulitan mereka mendapatkan obat..

    Reply
  12. yhunie basrie

    bungsu pnasran aj,paz makan mkanan ringan,eh ad lrangan bwat pndrita ini,y pnasran aj,
    gmna c n ap c pnyakit i2,n stlah bka stus ini jd tau dech,thank y

    Reply

Leave a comment