Mengenal lebih dalam Penyakit Fenilketonuria

Published November 25, 2006 in Uncategorized

Apa yang dimaksud dengan penyakit Fenilketonuria?Fenilketonuria adalah suatu kelainan di dalam tubuh, dimana tubuh tidak dapat memproduksi enzim yang berfungsi menguraikan asam amino esensial fenilalanin menjadi asam amino non esensial tirosin. Di dalam tubh tirosin akan disintesa menjadi 2 penghantar saraf yang penting yang berperan pada berkembangnya penyakit parkinson dan juga hilangnya keinginan melakukan hubungna seksual pada usia lanjut. Karena memberi efek yang berbahaya, penderita fenilketonuria sebaiknya mengurangi konsumsi makanan yang mengandung fenilalanin.

Menurut hasil penelitian penderita Fenilketonuria PKU (penderita fenilketonuria) sangat jarang ditemukan. Di Amerika dilaporkan kemungkinan penderita ini 1:15.000 orang saja, sedangkan di Indonesia sendiri, belum ada laporan kasus PKU. Ciri penderita PKU umumnya mengalami keterbelakangan mental. Namun retardasi yang terjadi, sudah dibawa sejak lahir (diturunkan secara genetik) dan bukan akibat sakit panas yang diderita saat kecil.

Gejala awal yang ditemukan pada penderita saat mengkonsumi pangan yang mengandung fenilalanin adalah lemas, pusing dan keringat dingin. Sedang dalam tahap lanjutan jika jumlah fenilalanin yang dikonsumsi terlalu besar, tentunya dapat mempengaruhi organ tubuh penderita.

Beberapa pengaruh yang dilaporkan adalah rusaknya jaringan otak, lebih parahnya kondisi retardasi mental, kulit menjadi pucat, pigmentasi rambut dan mata berkurang, otot pegal dan sakit. Untuk kerusakan ginjal, belum dilaporkan hingga saat ini.

(Sumber: Amagram) 

32 Responses to “Mengenal lebih dalam Penyakit Fenilketonuria”

  1. raisah April 29, 2009

    pengen liat ajah…
    sayang jarang orang yang kenal ama penyakit ini ea!!!
    makanya aku mau liat apa sih yang dimaksud dgn nyakit ini

  2. mega March 25, 2011

    sama.. ini juga kebeneran aja baca di belakang kemasan kopi, jadi penasaran deh ama apa yang dimaksud dengan Finelketonurik..

  3. bundafaris July 15, 2011

    sama juga habis makan pilus, iseng baca kemasannya ada penyakit begituan…iiiihhhh sereeeeeemmmm

  4. budi susetyo August 17, 2011

    Ya, penasaran saja dng peringatan di belakang bungkus cappucino. Ya udah ternyata aman untuk tak minum

  5. andy September 2, 2011

    gue baca artikel ini karna gue suka minum okky jelly drink yang mengandung fenilalanin (tertulis dikemasan)bisa menyebabkan fenilketonuria,menurut gue makanan apapun selama konsumsi nggak berlebihan, rasanya aman2 saja.. trims for sharing articlenya. nambah pengetahuan gue ni

  6. DM-Choy October 28, 2011

    karena sering mengunyah ‘wrigley’s chewing gum’ada bahan yang dilarang bagi penderita fenilketonuria…jadi pengen tahu…penyakit apa sich…jadi permen ini mengandung FENILALANIN….

  7. renald October 30, 2011

    wah..gag boleh makan sukro dong?? hehehehe

  8. Ren November 2, 2011

    di kemasan permen karet lotte xylitol, dkt dgn bagian barkot tertulis,konsumsi berlebihan dapat menyebabkan efek laksatif. mengandung fenilalanin, tidak cocok untuk penderita fenilketonuria, jadi aku searching aja apa ya ini ahhaahah

  9. mulat November 16, 2011

    Ada murid tanya ttg fenilketonuria, dp salah jawab lebih baik cari info d internet. ok trims.

  10. Zendra February 14, 2012

    Aq sering beli HAPPYDENT WHITE botolan!
    jd iseng iseng baca yg di bawah POM…Mengandung PENILALANIN tidak cocok untuk penderita FENILKETONURIK….jd penasaran jd aq searching deh disini!

  11. ummu March 15, 2014

    CDR, Redoxon juga Ga boleh di konsumsi oleh penderita pku

  12. dwi wiyana April 8, 2014

    Pasien PKU sudah ada di Indonesia, kebetulan saya pernah menemui pasien dan keluarganya, termasuk kesulitan mereka mendapatkan obat..

  13. yhunie basrie April 14, 2014

    bungsu pnasran aj,paz makan mkanan ringan,eh ad lrangan bwat pndrita ini,y pnasran aj,
    gmna c n ap c pnyakit i2,n stlah bka stus ini jd tau dech,thank y

  14. mandom April 24, 2014

    thanks infonya sama dengan rekan lainnya setelah makan sukro iseng baca komposisi dibalik bungkus tsb ada istilah yang gak pernah tahu “fenilketonuria” sekarang jadi mengerti……..

  15. Salsabila May 2, 2014

    Baca di kemasan finto, emang bahaya sering mengkonsumsi makanan2 pabrik, lebih sehat makanan sendiri.

  16. agus May 27, 2014

    mksih ya….
    v loq bsa lbih d jelasin ge etiologi n manifes.a

  17. Tatameli May 28, 2014

    Iya, sama.. Aku jg baca dibalik kemasan snack pilus, ada larangan bagi penderita PKU, jd aku browsing.. Hihiiii

  18. gadis yuliyani June 3, 2014

    Terimakasih atas infonya.
    Info ini sangat bermanfaat untuk ak sosialisasikan pada keluarga. Untuk menambah pengalaman. :-)

  19. Eric June 29, 2014

    Mix nut 2 kelinci juga ada

  20. supra_keandra June 29, 2014

    sama jg…. hbs makan spageti La pasta di kemasam ga boleh untuk ibu hamil, menyusui, balita, dan penykt PKU karena mengandung fenilalanin, jd tau skrg. : )

  21. handy July 10, 2014

    Iseng baca d kemasan kacang.jadi penasaran ttg pnyakit ini
    Mksh artikelnya

  22. riah July 24, 2014

    Harus lebih hati2 dalam memilih makanan dan minuman yaa… trnyata banyak yg mengandung bahan2 berbahaya… gitu kok lulus uji npom

  23. uzhu July 26, 2014

    pengen tau kemasan pada nutri sari terdapat peringtan yg mengandung fenilalanin y/ bebahaya bgi penderitafenilketonurik..

    tks y..infox…

  24. gede agus July 26, 2014

    Woww jadi gtu maksudnya .. brrti masih bagusan ubi bakar emak gua donk :D

  25. coat July 27, 2014

    wah ngga sadar udah bnyk mkn kyk gtu”an, trnyata ada fenilanin ya d permen karet pengharum mulut hehe terimakasih atas info nya

  26. helmy August 5, 2014

    Kbetulan ne liat d minuman hampir d sukai smua anak2. Okky jelly drink. Bahaya level tinggi ne!!

  27. Lova ayannie August 12, 2014

    Mkasih info nya….
    …WAAH… Hmpir smua mkanan ringan mengandung fenilalanin ,ksian lah yg menderita pnyakit fenilketonurik..ngak bsa ngerasa in rsa nya…

  28. riri August 17, 2014

    U mbk Dwi…, yg udh pernah ktemu sm penyakit PKU ini, blm dpt obat’ny ya…, aku punya informasi u obat’ny mbk, … Blh di ksh tau mbk sm yg bersangkutan …

  29. nandi August 31, 2014

    q penasaran dgn penyakit fenliketonuria ini di stiap kmasan makana atau minuman buatan pabrik slalu ad penyakit ini jd saya searcing aj di sini biar lbh tau

  30. nurita September 8, 2014

    Emg fenilalanin ?G?????å??????? boleh ???å utk ibu hamil n menyusui ???

  31. eby September 10, 2014

    Wah ternyata sangat berbahaya ya PKU,.smoga kita smua d jauhkan dari penyakit ini.amin..

  32. indah anita sari September 10, 2014

    Di adem sari dilarang untuk penderita fenilketonurik . Jd kepo aja hehe

Leave a Comment